Artikel

ayam masak halia.jpg
Hari ini nak masak ayam halia berkuah untuk menu berbuka nanti. Resepi ni dapat daripada google, tapi dilemak kerana ia tak tahu nak catat daripada siapa. Walaupun resepi ni sempoi, saya catatkan juga disini guna jadi rujukan orang di masa depan. Bila di blog lain kongsi resepi ayam masak halia ala thai, saya boleh kongsi yang berkuah. Sesiapa pun boleh cuba.

Bahan-Bahan;
Dada ayam - dipotong kecil (MA gorengkan dahulu)
3 ulas bawang merah*
2 ulas bawang putih*(* bahan nie di blander/ditumbuk kasar)
1" halia - dihiris nipis saperti mancis
1 biji bawang besar - dibelah 4 & diceraikan kelopaknya
1/4 capsicum/lada benggala - dipotong kecil
1 biji tomato sederhana besarnya - dipotong 6
1/2 biji lobak merah - dipotong bulat
7-10 biji cili padi - diketuk/dibelah 2
1 sudu kecil lada hitam - ditumbuk kasar
1/2 sudu kecil pati ayam
1 sudu kecil tepung jagung- di bancuh dengan air
Sedikit sos tiram, sos tomato & sos cili
Sedikit kicap
1/2 cawan air
Sedikit garam & gula

Cara Masak
Perap ayam yang di potong kecil dengan sos tiram, sedikit serbuk lada hitam kasar & sedikit garam. Ikut suka nak perap berapa lama (lagi lama lagilah elok). Macam MA nak cepat perapkan 15 minit je...
Panaskan minyak & goreng ayam....tapi ada orang tak goreng - terpulang ngan citarasa masing-masing. Bila dah elok garing ketepikan.
Dengan mengunakan minyak yang sama, jika banyak buangkan sikit minyak tu, tumiskan bahan-bahan yang telah di tumbuk kasar bersama dengan halia hingga naik bau & kekuningan.
Masukkan bawang besar, capsium, lobak merah & cili padi. Kacau sebatikan.
Kemudian masukkan sos tiram, sos tomato & sos cili. Masukkan juga air & sedikit kicap. Kacau sebatikan.
Bila dah mendidih masukkan kepingan dada ayam yang telah di gorengkan tadi. Kacau sebatikan.
Kemudian masukkan tepung jagung yang telah berbancuh dengan air, sesuaikan kepekatannya spt yang kita kehendaki....jangan lah pekat sangat...cair-cair manja ....gituuu.
Last sekali masukkan buah tomato, bersama garam & gula serta pati ayam. Kacau rata & sesuaikan citarasanya spt yang di kehendaki.

Tutup api bila dah puas hati. Sila hidangkan kepada keluarga. Nak tengok resepi ayam masak halia lain, sila tengok Blog Sawaguchi. Semoga berjaya.
pegal

pegal

Setiap orang pasti pernah merasakan pegal-pegal atau merasa kelelahan ketika bangun dipagi hari. Tentu hal-hal seperti ini sangat tidak diinginkan. Dan benar, salah satunya adalah akibat pola pikir yang tidak fresh. Terutama bagi anda yang bekerja, pasti memiliki banyak pikiran. Entah itu masalah dalam perkerjaan, atau keluarga anda dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Namun bukan hanya itu penyebab anda merasa pegal ketika bangun dipagi hari. Lalu apa penyebab yang  lainnya? Berikut beberapa penyebabnya.

1. Salah Posisi Tidur
Jika Anda tidur dalam posisi yang salah dapat menyebabkan tubuh pegal di pagi hari. Akibatnya, tubuh sakit dan tidur terganggu. Cobalah untuk mencari posisi yang baik ketika anda hendak tidur.

2. Waktu Tidur Kurang
Waktu tidur kurang juga menyebabkan tubuh merasa lelah dan pegal ketika bangun dipagi hari. Akibatnya, metabolisme dan emosional Anda pun terganggu. Padahal manusia dianjurkan tidur minimal 8 jam. Jadi bagi anda yang suka bergadang, apalagi bergadang karena sibuk bermain dengan social media, sebaiknya dihilangkan. Karena selain membuat anda tidak nyaman ketika bangun dipagi hari, bermain gadget di malam hari juga akan menggangu kinerja otak dan mata.

3. Mendengkur
Mendengkur adalah gangguan tidur yang juga memengaruhi kualitas tidur. Akibatnya, bangun di pagi hari terasa capek dan badan sakit. Hal ini ternyata dipengaruhi oleh kurangnya pasokan oksigen yang masuk ke tubuh Anda.

4. Kegemukan
Kegemukan merupakan salah satu penyebab utama seseorang sering merasa lelah bangun pagi. Ini dipengaruhi oleh keseimbangan hormon yang membuat kondisi tubuh memburuk. Akhirnya, saat bangun pagi tubuh terasa tidak segar dan semangat menurun.

5. Kasur
Salah satu benda yang memiliki peran vital menjadi faktor Anda sakit saat terbangun adalah kasur. Bisa dibilang manusia menghabiskan hampir sepertiga hidupnya di kasur. Oleh karena itu, menjaga kebersihan kasur Anda menjadi suatu hal penting agar terhindar dari ragam penyakit.

Itulah beberapa penyebab tubuh merasa pegal dan lelah ketika bangun dipagi hari. Jadi cobalah untuk memperbaiki pola hidup anda, salah satunya adalah tidur yang baik dan benar. 
jerawat

jerawat

Bagimana cara saya menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dan mudah, caranya sangatlah gampang, kenapa saya menggunakan bahan-bahan alami?karena bahan ini sangatlah mudah di dapat di sekitar kita.

1. Jeruk Nipis
Cara ini mudah banget dilakukan, jadi kalian cuma harus membelah jeruk nipis menjadi beberapa bagian setelah itu gosok-gosokan jeruk nipis ke bekas jerawat kalian. Kalau sudah,kalian tinggal tunggu sampai kering dan sampai menyerap ke kulit kalian, setelah itu bilas dengan air bersih tetapi dampak menggunakan jeruk nipis membuat kulit menjadi kering.

2. Putih Telur
Cara ini juga mudah banget dilakukan ,Pertama pisahkan kuning telur lalu ambil putih telurnya saha. Kedua oleskan ke seluruh wajah dan tunggulah sampai mengering.Putih telur ini membantu mengurangi kadar minyak di dalam wajah dan membantu mengencangkan kulit wajah.

3. Bawang Putih
Cara penggunaanya cukup mudah, kalian hanya perlu mengupas bawang putih 2 atau 3 setelah itu ditumbuk hingga halus lalu oleskan ke bagian wajah yang terkena jerawat atau bekas jerawat tunggu meresap sekitar 10-15 menit, setelah itu bilaslah dengan air bersih.

Baca juga : Cara Mencegah Diabetes Sejak Dini

4. Tomat
Cara ini sangat-sangatlah mudah cukup potong tomat tipis-tipis lalu tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat tunggu 10-15 menit ,lalu bersihkan wajah dengan air bersih

5. Cuka Apel
Cuka apel ini sangatlah bagus untuk dijadikan toner. Cara bikin toner, pertama kalian harus menyiapkan botol bekas yang sudah dicuci dan bersih setelah itu tuangkan 3 sendok makan cuka apel ke dalam botol, kemudian tuangkan 6 sendok makan air mineral yang sudah matang supaya biar tidak terlalu bau dan lebih encer, jadi perbadinganya 2 : 1 .Kelebihan cuka apel bagi wajah adalah supaya mencerahkan kulit dan mengurangi flek pada kulit wajah dan meminimalisir bekas jerawat.

6. Madu dan Gula pasir
Cara ini juga cukup mudah sekali ,kalian hanya perlu campurkan kedua bahan tersebut 1 sendok makan di tempat yang bersih (wadah) setelah itu olekan ke wajah kalian tunggu hingga beberapa saat.syarat madu harus asli dan madau juga berkhasiat untuk mengurangi gejala diabetes.

7. Lidah Buaya
Ambilah daun lidah buaya / mintalah ke tetangga yang mempunyai tanaman itu , setelah itu tekan daunnya agar jel yang ada di dalam daun lidah buaya keluar lalu oleskan jel tersebut ke sekitar wajah yang akan di hilangkan bekas jerawatnya, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih . Selain bekas jerawat lidah buya juga manjur untuk mencegah kembali timbulnya jerawat.

8. Facial wash
Sebenernya cara yang terakhir ini sangat disepelekan bagi semua orang ,padahal selama seharian kita beraktifitas banyak debu,kotoran dan sisa sisa make up yang tertempel adalah alasan utama penyebab timbulnya jerawat, untuk wanita yang gunakan make up removal dan bersikan sisa make up secara merata menggunakan kapas, lakukan hal ini sebelum kalian mencuci muka dengan facial wash.

Itulah beberapa tips dan cara menghilakan bekas jerawat dari saya pribadi yg bisa kalian coba dirumah kalian tentunya dengan biaya yang sangat murah tapi akan menghasilkan wajah yang begitu bersih . Semoga dengan menggunakan cara diatas bekas jerawat yang kalian punya bisa segera sembuh bahkan bisa hilang, memang hasilnya tidak instant namun mengurangi atau meminimalisir mencegah timbulnya jerawat.
diabetes

diabetes

Meskipun diabetes yang kita ketahui lebih rentang menyerang orang yang sudah berusia tua tapi ini juga akan berlaku bagi orang yang masih berusia mudah bahkan semua kalangan dapat terjangkit penyakit ini. Diabetes sendiri terdiri dari beberapa jenis diantaranya Mellitus, Insipidus, Insipidus nefrogenik, dan masih ada beberapa lagi. Ketiga jenis diabetes yang saya sebutkan tadi adalah turunan dari tipe mellitus sendiri, sedangkan diabetes yang sering menyerang remaja bahkan belita adalah jenis diabetes faktor yang identik dari orang tua atau turunan.

Nah, faktor keturunan inilah yang wajib anda cegah mulai sejak dini agar tidak terjadi ketindak lanjutan diabetes yang akan memperparah keadaan. Cara dibawah ini sangat efektif untuk pencehagan diabetes selain itu sangat disarankan untuk mematuhi cara ini bagi anda yang sudah terjangkit penyakit diabetes untuk menggapai kesembuhan.

1. Pilah Pilih Lemak
Lemak jika digolongkan akan menjadi 2 bagian yakni lemak sehat/baik dan lemak jahat. Untuk mencegah penyakit diabetes lemak yang harus anda pilih tentunya adalah lemak baik/sehat, Lemak sehat banyak terkandung pada buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian seperti wijen misalnya.Selain itu minyak zaitun dan ikan juga masuk dalam golongan lemak baik/sehat.

Sedangkan lemak yang harus anda hindari adalah lemak jahat, jenis lemak ini biasanya bersarang di hati sapi, gorengan, makanan ringan(snack), seafood, kuning telur bahkan susu juga mengandung lemak jahat.

2. Olahraga Yang Teratur
Olahraga adalah jalan yang paling efektif untuk memerangi lemak jahat yang bersarang dalam tubuh, selain itu olahraga yang teratur berarti melakukan pola hidup sehat dan membantu mengendalikan kualitas glukosa dalam darah.

3. Kurangi Makanan Yang Banyak Mengandung Gula
Dilihat atau dibaca dari namanya saja gula sudah sangat bertolak belakang dengan penyakit diabetes. jadi alangkah baiknya anda menghindari makanan yang banyak mengandung gula untuk pencegahan diabetes.

4. Kunyit
Mengonsumsi kunyit sangat bermanfaat untuk pencegahan dan pengobatan diabetes dimana kunyit berfungsi untuk mengurangi kadar glokula yang ada pada tubuh. Selain itu kunyit juga memilki perang dalam pembenahan gangguan pada jantung dan pembuluh darah yang di sebabkan oleh dara tinggi.

5. Mengurangi Porsi makan
Mengurangi porsi makan di setiap harinya adalah setara dalam menjaga tubuh tetap ideal dari melonjaknya timbangan atau berat badan. Hal ini sangat efektif dilakukan untuk menenggelamkan sampai membunuh diabetes yang bersarang dalam tubuh.

Seperti yang sudah saya jelaskan diawal kata bahwa penyakit ini tidak mengenal umur hanya saja lebih rentang menyerang orang yang sudah berusia tua. Jadi pesan penulis untuk pembaca agar mengikuti ke-5 cara diatas sebelum anda terjangkit penyakit ini. Seperti pepatah yang mengatakan "lebih baik mencegah dari pada mengobati"

Seraya melakukan dan mematuhi ke-5 cara diatas disarankan juga untuk anda agar tidak mengonsumsi jenis minuman yang mengandung alkohol dan bersoda jika perlu berhentilah dulu merokok dan tingkatkan pola tidur ke tingkat normal 6-8 jam sehari. Semoga bermanfaat.
Name
Email
Comment
Or visit this link or this one